3 hati 2 dunia 1 cinta

Yup..ini adalah sebuah judul film yg baru saya tonton.  Maklum, di Aceh ga ada XXI jd sedikit terlambat mengingkuti perkembangan film sekarang.hehe.. Saya ingin membahas sedikit film yg baru saya tonton ini. Film produksi Mizan Production ini di adopsi dari  2 novel karya Ben Sohib yg berjudul The Da Peci Code dan Balada Rosid & Delia.
Film ini berkisah tentang percintaan berbeda keyakinan antara Rosid (Reza Rahardian), pria muslim keturunan Arab dan Delia (Laura Basuki) perempuan katolik keturunan Manado. Mereka terus menjalin hubungan, walaupun keluarga mereka masing – masing menentang hubungan itu. Ayah Delia yang sempat ingin mengirim Delia sekolah ke Amerika dan Ayah Rosid yang sempat melakukan berbagai cara sampai akhirnya melakukan perjodohan antara Rosid dan Nabilla (Arumi Bachsin) yang ternyata juga tidak mampu memisahkan hubungan Rosid dan Delia. Tapi pada akhir cerita, Rosid dan Delia tidak meneruskan hubungan mereka karena mereka menyadari perbedaan keyakinan diantara mereka.
Film ini tidak sekedar menceritakan kisah cinta berbeda keyakinan, tapi juga berlatar kekeluargaan, tradisi, perbedaan budaya dan agama hingga kecintaan akan puisi. Beberapa adegan di film ini jg bisa membuat saya tertawa dan menangis.
Jujur film ini menarik menurut saya. Karena dikehidupan sebenarnya juga banyak terjadi pernikahan beda agama. Saya mengambil sebuah kutipan di salah satu adegan yg di ucapkan Haddad Alwi yg berperan sebagai pamannya Rosid “Menikah satu agama saja berat, apalagi beda agama. Dan itu benar, menurut pendapat saya. Menikah itu perlu pemikiran yang matang disegala aspek kehidupan, lingkungan sosial, budaya serta agama yang paling penting. Contohnya, kita sebagai wanita muslim perlu seorang imam sebagai pembimbing kita. Yang artinya kita harus seiman atau satu keyakinan dengan pasangan kita. Kita tidak bisa memaksakan sesuatu menjadi sama rata. Bagaimana kita bisa menjalani kalau keyakinan yang kita jalani saja sudah berbeda. Dan itu pendapat saya, tidak tahu dengan pendapat lainnya.
          Berbeda itu memang indah, tapi akan lebih indah lagi kalau kita satu dalam SAMA. Saya merekomendasikan film ini untuk ditonton. ^_^

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Beijing, China part 2

se'SERU'an

when i was child